Pages

Halohaa :D

Welcome to my blog! :)

Monday 17 February 2014

Part II - Parlemen Remaja, langkah menuju kehidupan nyata

Weey, hello readers!
Seperti janji saya sebelumnya, saya bakal cerita full version tentang PR disini hehe  :D
Inilah kali pertamanya saya pergi ke luar kota tanpa orangtua, berbekal nekad, cuma berdua, dan dua-duanya perempuan. Karena cuma berdua kan uang saku mengalir tuh hehe dan supaya keamanan terjaga juga, jadi kita naik kereta Api Eksekutif jurusan Gambir :)
Kami berangkat di malam hari, saya dianter Bapak dan Rizki dianter Ibunya. Rasanya sedih, deg-degan, excited, daaan semuanya ngaduk. Dari raut wajah orangtua kami terlihat terbesit rasa khawatir dan kalimat "Kamu ati-ati yaa, ati ati loh kalo ini blabla kalo itu blabla nanti blabla..". Wah so sweet deh pokoknya!
Waktu masuk kereta api, kehidupan saya yang biasanya seakan terlepas, dan kini cuma saya dan Rizki, cuma kami. Selang 7 jam akhirnya kami sampai. Alhamdulillah, ternyata kakak iparnya Rizki udah nungguin di Gambir, kami punya tempat bernaung :' hikss. Karena penjemputan dari pihak panitia agak siangan, akhirnya kita ke kantornya kakaknya Rizki, sebut aja mas Arif. Kita sholat, makan, dan bersih-bersih badan karena selama 7 jam ngga mandi #alay, disana. Beberapa waktu kemudian, kita dianter ke Gambir lagi sama mas Arif. Ngga lama kemudian, udah ada bis UI yang nunggu disana. Kita kesitu dan ketemu kakak LO dari UI. Ngobrol sebentar, datanglah temen-temen dari daerah lain juga. Kenalan sebentar, kemudian kita melanjutkan perjalanan ke Balai Sidang UI untuk acara pembukaan. Jum'atan dulu, dan akhirnya kita sampai. Wah semakin excited rasanya, semakin ketemu banyak orang dan ketika balai Sidang dibuka jeng jeng.. waw gede juga ya! Batin saya. Ternyata itu adalah balai sidang untuk para rektor kata kakak LO. Wah beruntung ya bisa masuk sini hehe.
Setelah itu kami menuju kompleks Perumahan DPR RI di Kopo, disana kita dapat rumah @4 orang. Saya bareng sama si kembar anak Tambun dan Agnes dari Surakarta. 2 hari kita disitu udah semakin kenal aja. Setiap pagi, kita dibangunkan untuk senam bersama, sedikit olahraga, dan setelah itu pemaparan materi. 2 hari ini digunakan buat pemaparan materi dan simulasi rapat sampai akhirnya bakal rapat beneran di ruang Sidang DPR RI. Dari sinilah, saya mulai mengerti bahwa DPR RI ngga murni seburuk yang saya bayangkan. Ketika beliau-beliau tertidur, saya yakin pasti karena jadwalnya yang padat ditambah ruang Sidang yang nyamaaaan banget. Kursi empuk memang bener bener nyaman! Tak bisa dipungkiri -_- (y) Ini nih tempat sehari-hari saya dan temen-temen Parlemen Remaja 'bekerja' sebagai wakil rakyat ceritanya hehehe. Ini fraksi saya, fraksi Majapahit!

2 hari berlalu, kita semua akhirnya menuju puncak cerita, go to Gedung MPR/DPR RI!
Saya bener bener wuah banget rasanya. Kompleksnya luas dan bangunannya megah banget.Gini nih ;)


Pasti ada Garuda minimal sebesar itu di ruang rapat :)
Kita juga ke museum DPR. Museumnya bagus deh pokoknya hahaha.
Setelah dari museum DPR, akhirnya kita diajak ke Ruang Rapat Paripurna I. Pas masuk, subhanallah gede bangeeet :))) Ruang Rapat Paripurna I biasanya dipake buat peristiwa *ceileh* tertentu, kaya misal Pelantikan Presiden, dan Sidang Paripurna itu juga.



 Setelah berkunjung ke Ruang Rapat Paripurna I, kita bersiap-bersiap buat "Rapat Beneran". Kalo saya ngga salah, kita Rapat di Ruang Rapat Paripurna II, ruangannya gede juga. Sesuai kaya simulasi yang dilakukan sehari sebelumnya. Saya masuk Fraksi Majapahit, Fraksi dengan jumlah anggota terbanyak hahaha ya kalo di Parpol kaya Parpol nomer 1 gitu deh hehehe. Di rapat yang kita adakan, kita membahas masalah UU Kepemudaan khususnya masalah usia pemuda. Saat rapat, semua bener-bener adu argumentasi, dan saya seneng banget bisa mewakili temen-temen fraksi untuk ngajuin argumentasi masalah usia pemuda itu. Rasanya udah meletup-letup banget deh kaya popcorn. Apalagi disiarin streaming TV DPR sama TVRI. Semakin bersemangat hehehe
Selesai rapat, kita langsung cus ke Wisma UI, bermalam disana. Paginya kita ke TMII main bareng sebagai salam perpisahan. Rasanya ngga pengin banget pisah sama temen-temen. Tapi apa boleh dikata, ada pertemuan, ada perpisahan. Semua pada nangis ngga jelas gitu deh termasuk saya. Ngga lama, mereka pergi ke tujuannya masing-masing, ada yang ke stasiun, ada yang ke bandara. Saya, Rizki, dan beberapa temen yang lain "memisahkan" diri karena jadwal keberangkatan kita beda. Setelah sholat dan makan, kita akhirnya dijemput mas Arif, dan menuju ke Bogor (Insya Allah rumahnya daerah Bogor) hehe. Sampai disana, kita disambut dengan baik banget, dan dibeliin bakso malang yang yummy banget hehehe. Oh iya jadi inget, salah satu mimpi saya yang ngga kesampean waktu Parlemen Remaja adalah ngga makan bakso yang dijual di Kompleks Perumahan DPR yang di Kopo, hiks :(


Setelah istirahat sebentar, kita bergegas buat ke Gambir lagi, naik kereta dan balik ke Kebumen. Tapi...
Hujan dateng dan Jakarta macet. Guess whaaat, kita ketinggalan kereta aduh sedih banget. Waktu mau beli tiket buat malem itu juga ternyata kereta yang di'mau'in baru aja jalan beberapa menit sebelumnya.
Itu udah macem mimpi aja deh beneran. Akhirnya, tiket kandas dan kita kembali ke rumah masnya Rizki dan orangtua. Saya ngerasa kaya hidup di keluarga yang baru dalam satu malam, ngalamin pengalaman yang belum pernah saya rasain sebelumnya. Mereka bener-bener pecinta kucing, satu keluarga suka kucing semua :'D Saya sama Rizki isinya ketawa aja kalo liat ekspresi sayangnya mereka ke kucing, lucu banget deh udah kaya keluarga sendiri sampe dibela-belain mbeliin makanan buat si kucing satunya-karena dia nggamau makan makanan si kucing lainnya di kala hujan gerimis :'
Keesokan harinya, kita udah siap-siap buat ke Gambir (lagi). Tiket ditangan, dan kereta udah dateng. Waah super sekali, ngga kerasa harus ninggalin Jakarta waktu itu juga.


Bukti bahwa kita STRONG! hehehe
Dan di kala Rizki tidur, aku sempet banget buat foto foto-_- hahaha





Akhirnya kita sampe Kebumen dengan selamat walaupun hampir salah turun hehe.
Inilah kenapa aku kasih judul langkah menuju kehidupan nyata karena pengalaman di Parlemen Remaja ini bener-bener kompleks, bukan sekedar tentang Parlemen, tapi tentang hidup juga. Recommended deh pokoknya!
Sekian. Sampai jumpa!

Salam,


No comments:

Post a Comment